Naik Motor Mau Pakai Helm atau tidak ?



RAS – Ketika berkendara dengan menggunakan motor, ada perlengkapan perlengkapan yang harus digunakan, salah satunya adalah Helm. Jangan merasa kalau penggunaan helm itu adalah hal merepotkan, karena Helm adalah bagian dari pengaman dan pelindung untuk kepala, dan dikepala terdapat otak yang merupakan pusat pengatur saraf diseluruh tubuh.

Bagi beberapa orang mungkin menggunakan Helm adalah hal yang merepotkan dan merusak tatanan rambut, pendapat seperti ini sebaiknya di rubah dengan menjadikan pendapat Helm adalah merupakan pelindung kepala ketika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi, maka helm menjadi pelindung bagi kepala pemakainya.

Sekarang ini sudah banyak helm helm merk merk dalam negeri dan luar negeri yang berada dipasaran, mulai dari helm half face yang harganya ratusan ribu rupiah, sampai dengan helm fullface yang harganya dari ratusan ribu rupiah hinggu jutaan rupiah. Sesuaikan saja dengan kantong kalian dan kebutuhan kalian, apakah akan memilih Jenis Half Face ataupun Full Face.

Kalau menurut saya sih lebih baik membeli helm premium yang memang sudah teruji kekuatan dan kualitasnya dengan harga yang medium atau mahal di awal, karena helm ini kan penggunaannya cukup lama dan basinya lama…hehehehehe, kaya makanan saja ada istilah basi. Akan tetapi memang membeli helm mahal itu mempunyai resiko, apa sih resikonya ? Resikonya ya  hilang ketika ditempat parkiran, karena helm bagus dan mahal biasanya menjadi incaran bagi pencuri helm. Oleh karena itu disarankan menitipkan ke jasa penitipan helm ketika parkir, tetapi tidak semua parkiran mempunyai jasa tempat penitipan helm. Nahhh…kalau memang tidak ada penitipan Helm dan merasa Helm ini berharga, mau tidak mau helmnya di bawa bawa…hehehehe, itu juga kalau tidak merasa direpotkan oleh helm. Tetapi kalau Helm Helm yang tidak mahal biasanya di cantolin di motor seharian juga kemungkinan besar niat pencuri untuk mengambil helm itu juga tidak akan muncul.

Ada pengalaman ketika kehilangan Helm, padahal Helm sudah dikunci dibawah jok motor, tetapi ternyata pencuri itu merusak jok motor dan Helm saya hilang dehhh…Helm yang sudah dikunci saja bisa hilang, apalagi helm yang hanya dicantolin dimotor, padahal helm tersebut harganya masih dalam kategori tidak terlalu mahal, sekitar 350 ribuan, tetapi masih jadi incaran pencuri, apalagi helm yang harganya jutaa, kalau sudah hilang rasanya nyesek, ambil hikmahnya aja broh.

Saat akan membeli helm, pastikan untuk memeriksa tidak hanya desain dan kecocokannya, tetapi juga logo standar keselamatan di bagian belakang helm.

Di Indonesia telah berlaku standar keamanan helm yang disebut SNI (Standar Nasional Indonesia), yang mengacu kepada ketentuan Economic Community of Europe (ECE). Helm yang memenuhi aturan SNI adalah helm model full face dan half face.

Selain SNI, ada juga helm bersertifikasi standar Snell Memorial Foundation yang diakui dan didukung oleh banyak merek helm internasional. Standar lainnya adalah DOT (Departement of Transportation) dari Departemen Transportasi Amerika Serikat dengan uji produk yang dilakukan NHTSA (National Highway Traffic Safety Association). Standar ini paling populer di Indonesia.

Silahkan anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kantong anda, apakah retro, full face, atau half face.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi Helm Helm yang beredar dipasaran dalam negeri, dan mudah didapatkan di toko toko helm, pokoknya helm helm ini sebagian besar kalau kita lihat dijalanan banyak pemakainya, tetapi masih banyak Helm helm yang lumayan mahal dan langka.

Foto credit google dan Facebook

Terima kasih telah mampir, mudah mudahan bermanfaat.

 

4 thoughts on “Naik Motor Mau Pakai Helm atau tidak ?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *