Tips Memilih Jas Hujan


RAS- Oktober 2018.  Musim kemarau bulan ini masih berlanjut, belum ada tanda tanda akan datang turunnya hujan, panas dan gerah masih mewarnai hari hari dibulan September dan Oktober 2018. Perangkat pelindung dari hujan mulai terlupakan, tetapi tidak ada salahnya mempersiapkan perlengkapan ini, karena siapa yang tahu kalau hujan kemungkinan datang mendadak.

Credit Foto Hipwee.com

Jas hujan merupakan perangkat wajib bagi pengendara sepeda motor, kalau lupa membawanya, siap siap mencari tempat berteduh dan kemungkinan besar basah kuyup, jadi tidak ada salahnya selalu membawa perlengkapan ini dan disimpan di dalam motor anda, itupun kalau motornya ada bagasi seperti motor motor matic pada umumnya, tetapi kalau motor yang tidak dilengkapi dengan bagasi biasanya menambah box dibelakang motornya untuk menyimpan perlengkapan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan, akan tetapi jika yang enggan menggunakan box dan motornya tidak dilengkapi dengan bagasi, biasanya segan untuk membawa jas hujan, karena berfikiran ini musim kemarau, jadi ngapain harus repot repot bawa jas hujan.

Credit foto uzone.id

Namun jangan asal membeli jas hujan, kalau berfikiran yang penting murah, jangan berharap dengan harga yang murah maka kualitasnya bagus. Karena biasanya harga menentukan kualitas juga, dan bukan hanya harga, tetapi juga kenyamanan dan amannya serta menyangkut keselamatan dan berkendaraan.

Ada beberapa jenis jas hujan diataranya adalah :

  • Jas hujan model ponco, model ini praktis, harga relative murah, banyak dijual oleh penjual jas hujan keliling di tempat tempat yang orang berteduh dikala hujan, model ini tidak direkomendasikan untuk perjalanan jauh, sifatnya sekali pakai karena mudah sobek dan terbuat dari plastik, dan berpengaruh ketika terkena terpaan angin, tetapi kalau dalam kondisi darurat dan tidak ada pilihan lain, mau tidak mau inilah yang digunakan.
Jas Hujan Model Ponco
  • Jas hujan Model Setelan, model ini cocok untuk berkendaraan saat hujan, dan tidak terpengaruh ketika ada terpaan angin, karena bentuknya menyatu dengan bentuk tubuh, tetapi jangan memilih yang pas dengan badan, pilihlah yang lebih sedikit besar dari badan anda, agar pergerakan lebih leluasa dan bagi yang membawa tas juga bisa terlindungi tasnya.

    Jas Hujan Merk Respiro
Tips memilih Jas hujan
  1. Pilih Jas hujan yang sesuai ukuran, tidak pas dengan badan, akan tetapi sedikit longgar tetapi tidak kebesaran.
  2. Pilih Bahan Jas hujan mampu melindungi anda dari air hujan. Ada bahan plastik, ada yang berbahan PVC, ada yang berbahan parasut, ada yang berbahan campuran nylon.
  3. Hindari membeli jas hujan model Ponco, model ini memang praktis dan banyak digunakan, tetapi tidak direkomendasikan, karena bagian belakangnya menjuntai dan dapat mengganggu pengendara lain dan juga rawan mencederai diri sendiri.
  4. Pilihlah jas hujan dengan warna mencolok, dahulu saya berfikir kenapa sih warna warna jas hujan sebagian besar adalah warna warna terang ? dan inilah jawabannya, karena agar dapat terlihat oleh pengedaraan lain ketika digunakan pada saat hujan lebat, apalagi ketika malam hari dan hujan, maka pandangan pengendara lain dapat melihat keberadaan kita pada saat berkendara dalam situasi hujan.
  5. Ada harga ada kualitas, pilihlah jas hujan yang tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal, tetapi kalau memang anda punya kemampuan yang cukup untuk membeli yang mahal itu lebih baik, karena biasanya harga yang mahal menentukan kualitas juga.
  6. Kalau memang ada anggaran lebih dan merasa tidak direpotkan, sekalian membeli shoe cover, pelindung buat sepatu, tetapi umumnya jarang yang memperhatikan hal ini atau memang belum sempat membeli shoe cover.
  7. Lebih baik menggunakan jas hujan press (bukan jahitan), jika benang jahitannya tidak rapih maka air akan masuk pada saat dipakai hujan hujanan.

Berikut ini ada beberapa foto foto jas hujan dari berbagai merk yang ada dipasaran saat ini dan beberapa  pernah digunakan oleh penulis, mungkin bisa menjadi pilihan.

Jas Hujan Merk Rainsol

 

Jas Hujan Merk 7 Gear

 

Jas Hujan Merk TDR
Jas Hujan Merk Sun Flower
Jas Hujan Merk Axio

Credit foto : Google, media online

Terima Kasih telah mampir dan share, mudah mudahan bermanfaat.

2 thoughts on “Tips Memilih Jas Hujan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *