Helm Jarvish, Helm Pintar Yang Bisa Di hubungkan Ke Ponsel


Helm Jarvish, Helm Pintar Yang Bisa Di hubungkan Ke Ponsel

RAS– Jika pernah nonton film Iron Man, pasti sudah mendengar nama Jarvis, ya Jarvis adalah asistant digital dari Tony Stark. Jarvis itu merupakan software computer yang melakukan perintah dengan input berupa suara dan display hologram, namun tekhnologi itu hanya ada di film saja. Namun tekhnologi Jarvish perlahan mulai ada dengan hadirnya software software yang dijalankan dengan voice command, seperti Google Assistan, Siri dan lain lain.

Jarvish Merupakah salah satu perusahaan asal Taiwan yang berhasil mewujudkan Helm Canggih yang mempunyai tekhnologi terkini. Helm ini sudah muncul disitusnya di https://www.jarvish.com. Mereka hadir dengan dua type helm, yaitu Helm Seri X dan X-AR. Teknologi Jarvis ini diklaim sudah ada pada Helm Jarvish X dan Jarvish X-AR, keduanya merupakan Smart Helmet, namun keduanya mempunyai perbedaan fitur.

rudyasmandara.com PSX_20181227_170013 Helm Jarvish, Helm Pintar Yang Bisa Di hubungkan Ke Ponsel
Referensi Pihak Ketiga

 

Helm model Jarvish X, yang merupakan model basic memiliki spesifikasi mikrofon dan speaker yang terintegrasi dengan Siri, Google Asistant serta dukungan Alexa. Pengendara memiliki akses untuk arah perjalanan, mengetahui cuaca hari ini, dan mengatur volume suara musik. Di lengkapi juga kamera dengan kualitas 2K HD sehingga pengendara tidak perlu lagi menambahkan kamera tambahan untuk menangkap gambar saat sedang dalam perjalanan.

Beda lagi dengan model Jarvish X-AR dengan kemampuan lebih advance dari Jarvish X yakni menambahkan kemampuan seperti teknologi AR (Augmented Reality) gaya Google-glass untuk kecepatan, arah belokan demi belokan, mengetahui cuaca, panggilan masuk dan dilengkapi dengan kamera video yang diletakkan dibelakang helm.

rudyasmandara.com PSX_20181227_165945 Helm Jarvish, Helm Pintar Yang Bisa Di hubungkan Ke Ponsel
Referensi Pihak Ketiga

Seperti Layaknya asisten, helm ini juga mengeluarkan suara seperti Google Asisten, Siri dan Alexa, sehingga pengguna dapat menanyakan kondisi cuaca saat ini  dan menghubungkan apa yang ada di smartphone. Helm ini juga disematkan peringatan apabila pengendara berjalan melebihi batas kecepatan aman. Kelebihan lainnya adalah helm ini dilengkapi dengan kamera belakang, sehinggaa pengendara bisa melihat situasi tanpa menoleh ke belakang.

“X dan X-AR tidak menggantikan kebutuhan untuk berkendara yang cerdas dan aman. Visi kami adalah untuk meningkatkan pengalaman berkendara dengan fitur pintar yang berarti pengendara bisa fokus pada jalan di depan tanpa gangguan,” ungkap CEO Jarvish, Jeremy Lu.

Untuk penggunaan bahan, Helm Jarvish sudah mengandung full carbon composite untuk mengimbangi penambahan baterai yang bisa tahan sampai 4 jam.

Kamera ini memiliki memori penyimpanan SSD sebesar 16gb yang bisa di-upgrade menjadi 256gb di helm, jadi tidak perlu memasang action cam untuk merekam perjalanan anda. Setelah di-sinkronisasi dengan smartphone melalui Wi-Fi atau Bluetooth, fitur kamera ini dapat menampilkan video dari kamera secara langsung.

Berikut adalah spesifikasi serta fitur dari Helm Jarvish X dan Jarvish X-AR :

rudyasmandara.com Jarv-7 Helm Jarvish, Helm Pintar Yang Bisa Di hubungkan Ke Ponsel
Referensi Pihak Ketiga

HEAD-UP DISPLAY

Model Jarvish X-AR memanfaatkan teknologi waveguide optik pada HUD untuk pengendara yang lebih menyukai instruski visual. Teknologi HUD ini dipastikan dalam cahaya terang, proyeksi ini akan tetap terlihat jelas. HUD dapat dikontrol dan ditarik kembali dengan mudah melalui perintah suara.

Model X-AR memiliki kemampuan untuk menampilkan arah, untuk memberitahu pemakai lalu lintas dan kondisi cuaca, indikator, kecepatan, rambu-rambu jalan bahaya dan ID penelepon yang masuk pada HUD.

Model Jarvish X-AR terhubung ke smartphone melalui bluetooth, memungkinkan Anda untuk melihat, mendapatkan notifikasi panggilan masuk, peringatan slip jalan, pemberitahuan cuaca, ikon SPBU, peringatan bagian bahaya, peringatan kecepatan, pemberitahuan lalu lintas, navigasi GPS dan gambar tampilan belakang sesuai permintaan.

 

360° FRONT & REAR CAMERAS

Baik Model Jarvish X maupun Model Jarvish X-AR dilengkapi dengan kamera depan 2K built-in sebagai standar. Model Jarvish X-AR juga memiliki kamera belakang 2K yang dapat diaktifkan sesuai permintaan dengan syarat sehingga pengendara memiliki visibilitas 360° saat berada dijalan. Perjalanan dapat direkam dalam video FHD melalui kamera depan 2K dan dapat disimpan pada kartu memori hingga 256GB yang dapat dilepas didalam helm. Video juga dapat disiarkan secara real-time ke akun media sosial pengendara melalui perintah suara.

 

GPS NAVIGATION

Navigasi terintegrasi yang disetel melalui aplikasi JARVISH. Pengguna tinggal memasukkan alamat tujuan dengan suara untuk menerima arah dalam bentuk audio di-helm dan dengan JARVISH X-AR akan ditampilkan melalui head-up.

 

VOICE CONTROLS

JARVISH X-Series baru terhubung dengan layanan suara seperti Amazon Alexa, Apple Siri atau Google Asistant. Helm X-AR dan X adalah aktivasi suara saja (tidak ada ketuk-untuk-bicara), memungkinkan pengendara untuk mengontrol kamera, melakukan panggilan, menyesuaikan volume, memutar musik dan banyak lagi, sambil tetap fokus di berkendara jalan.

 

SMART SENSORS

Sensor otomatis hidup ketika helm dipakai dan otomatis mati ketika helm dilepas. Teknologi Gyro, E-Compass, Akselerometer dan sensor cahaya ambient menganalisa kondisi cuaca & jalan untuk memberikan peringatan secara real-time.

 

ACTIVE NOISE CANCELLATION

JARVISH X Series dilengkapi dengan prosesor audio yang bisa aktif untuk menghilangkan suara bising angin lalu meningkatkan pendengaran pada suara manusia sehingga anda akan mendapatkan kualitas panggilan yang jelas bahkan hingga 100kph/ 60mph…mantapp nihhh.

 

LIGHTWEIGHT & PROTECTIVE

Dengan hanya 3.08lbs / 1.4kgs (X) dan 3.75lbs / 1.7kgs (X_AR), helm serat karbon murni memberikan perlindungan tertinggi dengan kenyamanan ekstrim.

 

SERTIFIKAT

Baik X-AR dan standar X model sepenuhnya bersertifikat, termasuk ECE R22.05 (Eropa, Australia), DOT (AS dan Kanada), CNS 2396, CNS 13438, CNS 13439 (Asia), FCC (sertifikasi keselamatan radiasi elektronik).

“Visi kami untuk menyediakan pengalaman berkendara dengan fitur pintar, artinya pengendara bisa fokus pada jalanan tanpa terganggu,” kata Jeremy Lu, CEO Jarvish Helmet seperti dituliskan MCN.

“Kami menggabungkan benefit yang didapatkan pengguna, dengan sebuah helm yang bergaya dan ringan. Cocok untuk mereka yang suka teknologi,” tambahnya.

Kalau saya sih penasaran sama Helm ini, dan memang harganya juga lumayan…tapi kembali lagi ke harga, apakah dengan harga tersebut sesuai dengan fungsi dan kegunaannya ? Beberapa artikel menginformasikan kalau helm ini baru akan release di Amerika Januari 2019.

Berdasarkan informasi https://www.kotakhelm.com Harga helm Jarvish X adalah 399 dollar atau setara sekitar 5.750.000 rupiah. Dan untuk Jarvish X-AR harganya 899 dollar atau sekitar 13 juta rupiah.

Credit Foto : https://www.jarvish.com, gridoto.com

Bisa di liat di Youtube https://www.youtube.com/watch?v=ZlxK_gJmdDI

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan