Penggantian Drive Belt dan Roller Honda Vario Techno 110


RASautomotive – Part part fast moving dari berbagai merk dan untuk merk merk kendaraan roda dua di tanah air memang beragam, kali ini mau sedikit membahas merk BRT ( Bintang Racing Team). Mungkin beberapa dari kalian sudah pernah mendengar merk ini dan mungkin sudah familiar. Atau mungkin sudah ada yang pernah menggunakannya untuk kendaraannya.

Roller BRT 11 gram
Roller BRT 11 gram

Tidak terasa bahwa motor Honda Vario Techno 110 yang saya gunakan sudah berumur lebih dari delapan tahun, motor Honda Vario yang saya gunakan ini keluaran tahun 2010, warna yang tercantum di STNK adalah warna putih ungu, tetapi menurut saya warna yang lebih dominan adalah warna Putih dan Hitam, entah kenapa tertulisnya putih ungu. Selama perjalannya sudah banyak bagian bagian daleman yang diganti, dalam kesempatan ini akan membahas mengenai penggantian pada bagian Drive Belt atau Van Belt dan Roller merk BRT.

Drive Belt BRT
Drive Belt BRT

Alasan penggantian Drive Belt dan Roller menggunakan merk BRT adalah karena beberapa kali sudah mengganti bagian ini dengan suku cadang resmi Honda, dan kali ini ingin menggunakan dengan merk yang berbeda, apakah ada perubahan dalam akselerasi dan penambahan top speednya? Kita lihat saja nanti setelah motornya dipakai.

Kalau di lihat dari usia motor, memang kendaraan ini sudah membutuhkan perawatan yang ekstra karena membutuhkan banyak supplement, hehehehehe….Pada kesempatan ini saya mendatangi bengkel langganan tapi bukan bengkel resmi, karena montirnya memang sudah kenal dan enak diajak diskusi. Drive Belt Merk BRT dan Roller BRT ini dibeli melalui online karena memang ada promo yang tercantum disana, di tebus dengan harga Rp. 150.000 untuk satu set Drive Belt dan Roller 11 gram.

Mulailah dengan membuka Bak sebelah kiri motor, dan perlahan lahan membuka satu demi satu bagian bagiannya, setelah diperiksa ternyata bagian Seal Kruk As sudah rembes oleh oli, ini terlihat dari adanya rembesan oli yang keluar dari bagian Kruk Asnya. Akhirnya atas saran dari montir bagian seal inipun ikut diganti. Roller yang saya gunakan sebelumnya ternyata sudah tidak bulat lagi dan beberapa bagiannya sudah terkikis, dan bagian Drive Belt-nya juga sudah ada bagian yang retak, sambil ngobrol ngalor ngidul akhirnya setelah sekitar satu jam lebih sedikit, semua pekerjaan penggantian bagian Drive Belt dan Roller tuntas.

IMG_20181205_091143

Harapannya adalah motor dapat menjadi lebih responsive akselerasinya dan menambah top speednya, tapi kalau untuk top speed saya tidak berharap banyak, karena ini adalah motor standar yang belum mengalami perubahan yang signifikan pada bagian bagian lainnya dan ditambah lagi motor ini usianya juga cukup lama, yaitu 8 tahun…untuk review setelah penggantian Drive Belt BRT dan Rollernya nanti yaaaa…mudah mudahan ada perubahan kearah yang lebih baik dan bisa memperpanjang usia pemakaian motor setelah penggantian komponen ini, sekian dan terima kasih….mohon maaf kondisi motornya kotor karena memang musim penghujan, malam dicuci paginya sudah kehujanan dan lewat jalan becek becek, jadi kotor lagi dahhh….hehehehe

Roller Yang Di Ganti
Roller Yang Di Ganti

Terima kasih sudah mampir dan mudah mudahan bermanfaat. (RAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *