Jenis-Jenis Helm Yang Perlu Di Ketahui


Jenis-Jenis Helm Yang Perlu Di Ketahui

RAS – Helm merupakan perlengkapan wajib dan berkendara Roda Dua. Ada beberapa jenis helm yang sering dijumpai di pasaran dan di gunakan para oleh pengendara bermotor, diantaranya adalah di bawah ini :

Helm Full Face.

Kalau diperhatikan di jalan raya Helm jenis ini banyak digunakan oleh pengendara motor. Helm ini  melindungi kepala secara keseluruhan, dan sekarang ada juga melengkapi dengan double visor. Jenis ini biasanya punya bobot lebih ringan dari Helm Jenis Flip- Up, karena ukurannya lebih ringkas. Banyak yang memilih jenis ini karena banyak model dan warnanya.

Referensi Pihak Ke Tiga
Referensi Pihak Ke Tiga

Helm Modular atau Flip – Up.

Tidak banyak yang menggunakan helm jenis ini, Kalau dilihat sekilas, helm jenis ini seperti Helm Full Face, tetapi kalau dilihat lagi secara seksama dan teliti, maka akan terlihat perbedaannya, yaitu pada bagian dagu terdapat mekanisme untuk buka tutup. Jadi pada bagian dagu atau moncongnya helm ini dapat diangkat dan menjadi Half Face. Biasanya Helm Jenis ini mempunyai double visor dan bobot beratnya lebih berat dari helm full face, mungkin bobotnya inilah alasan kenapa jarang yang menggunakan helm jenis ini untuk pemakaian sehari hari.

Referensi Pihak Ke Tiga
Referensi Pihak Ke Tiga

Helm Dual Purpose.

Jenis ini juga tidak terlalu banyak terlihat dijalan. Helm ini bentuknya mirip helm full face, tetapi ada topi tambahan dibagian atas. Biasanya digunakan untuk pengendara motor Dual Purpose seperti cross atau supermoto. Jadi pengguna bisa mempunyai dua pilihan, apakah visornya dilepas atau menggunakan Goggle. 

Referensi Pihak Ke Tiga
Referensi Pihak Ke Tiga

Artikel Terkait :

Helm Half Face.

Biasanya helm ini digunakan oleh orang yang dibonceng. Tetapi banyak juga pengemudi yang menggunakannya. Tidak terdapat penutup pada bagian dagu, bahkan sekarang, banyak yang melengkapi helm Half Face ini dengan double visor, pada motor motor jenis tertentu, helm ini dapat disimpan ke dalam bagasi motor, karena bentuknya yang ringkas dan tidak adanya pelindung pada bagian dagu.(RAS)

Referensi Pihak Ke Tiga
Referensi Pihak Ke Tiga

sumber www.gridoto.com

Tinggalkan Balasan