Ras Dok

Begini Cara Mengatur dan Melihat Kaca Spion Motor Yang Benar

Ras – Fungsi spion motor adalah untuk melihat kendaraan yang berada dibelakang kita pada saat berkendara ataupun berhenti. Kaca spion meiliki keterbatasan pandangan, tidak semua area dibelakang kita dapat terlihat, karena adanya area yang tidak terlihat atau blind spot melalui dua kaca spion yang ada di setang.

Padahal pabrikan telah melengkapi setiap motor dengan kaca spion yang sudah di desain untuk motor, tetapi banyak yang menggantinya dengan alasan terlalu lebar, terlalu tinggi, terlalu besar cerminnya, pokoknya serba terlalu…Huhhhhh…Sungguh Terlaluuuu. Hasilnya mereka mengganti dengan yang lebih kecil, lebih pendek, lebih mahal, lebih bagus merknya, pokoknya serba lebihhh…bahkan ada yang melepasnya…ampunn dahh.

Menurut pendapat pribadi disarankan tidak perlu mengganti spion motor, kalau memang mengganti usahakan yang masih bisa melihat ke arah belakang secara optimal hampir mirip dengan bawaan pabrik.

Ketika mengatur kaca spion di usahakan sudut pandang bagian dalam cukup dapat melihat siku tangan, tidak perlu mencakupi area bahu atau kepala.

Referensi Pihak Ketiga

Karena memiliki keterbatasan pandangan, maka ketika akan memulai perjalanan ataupun mau berbelok, disarankan menoleh sedikit ke arah belakang, jangan mengandalkan spion sepenuhnya, dengan begitu dapat melihat pandangan secara lebih luas, tetapi menolehnya jangan kelamaan, nanti malah kendaraan yang didepan tidak diperhatikan.

Jangan lupa menyalakan lampu sein sebagai tanda bagi pengendara lainnya bahwa kita akan belok, pasti kalian banyak mengalami rasa kesal ketika pengendara didepan langsung berbelok tanpa memberi lampu sein terlebih dahulu, biasanya sih angkot

Jadi intinya jangan hanya mengandalakan spion dan lampu sein saja, kombinasikan penggunaan lampu sein, spion dan pandangan langsung agar lebih yakin dengan situasi dan kondisi sekitar ketika sedang dalam perjalanan ataupun akan memulai perjalanan.

Mudah mudahan bermanfaat.

Email me : rudyasmandara
Instagram me : rudyasmandara

Silahkan masukan email dibawah ini untuk mendapatkan info terbaru

3 thoughts on “Begini Cara Mengatur dan Melihat Kaca Spion Motor Yang Benar”

Tinggalkan Balasan