Cara Merawat Motor Warna Doff, Begini Caranya

Ras– Warna untuk sepeda motor sekarang beragam, ada yang glossy dan ada yang doff atau matte. Glossy atau mengkilat atau dikenal dengan warna metalic dahulu merupakan warna yang lebih diminati, namun sekarang pabrikan memberi pilihan dengan membalut warna doff/matte atau banyak menyebut dengan warna dop untuk motornya. Ada warna red matte, blue matte, grey matte dan warna matte lainnya

Kalau merawat motor dengan warna glossy memang lebih mudah, tetapi untuk warna doff atau matte ini mau tidak mau harus sekidit repot jika ingin warnanya tetap terjaga. Kenapa begitu ? Karena cat jenis doff warnanya lebih mudah memudar atau kusam jika sering terjemur, penggunaan sabun yang mengandung deterjen untuk mencuci disarankan dihindari, karena sifat deterjen yang asam akan membuat cat lebih cepat pudar atau kusam.

Terus gimana caranya agar motor warna doff tetap terlihat bagus dan tidak cepat pudar ?

Cucilah motor dengan air bersih dan sabun dengan kandungan kimia yang tidak berlebihan, pakailah shampo khusus motor, kalau tidak punya pakai shampo rambut saja. 

Hindari mencuci ditempat panas, karena selain kita yang kepanasan, supaya warnanya tidak cepat pudar, kecuali mencuci ditempat khusus cuci motor, kita tinggal duduk manis ditempat adem, sambil browsing pake WiFi gratisan yang disediakan di cucian motor….hehehehe itu juga kalau ada.

Referensi pihak ketiga

Gunakan busa/spon yang lembut dan kain microfiber untuk membantu mencuci, untuk menghindari baret pada motor, karena warna doff gampang terlihat kalau ada baret.

Setelah dicuci segera keringkan dengan lap sejenis kanebo dan akhiri dengan mengelap dengan kain microfiber kering agar tidak timbul bercak pada body motor.

Untuk motor dengan warna doff jangan dipoles atau ditreatment seperti warna glossy atau metalic, karena bisa menjadi mengkilap.

Tempat cuci motor terkadang memang mencuci berdasarkan kebiasaan mereka setiap hari, tidak pandang itu warna doff atau metalik perlakuan sama saja, dan jarang yang menggunakan kain microfiber untuk finishing. jadi kalau warna motor doff sebaiknya di elap dengan microfiber lagi ketika sampai dirumah agar keringnya merata dan warna doff ya tetap terjaga.

Mudah mudahan bermanfaat, selamat mencoba 

Tinggalkan Balasan