Touring Motor Keliling Dunia Harus Punya SIM Internasional, Begini Caranya Kata Mario Iroth

SIM Internasional, Begini Cara Buatnya Kata Mario Iroth

Ras – Bagi kalian yang ingin melakukan perjalanan turing jarak jauh keluar negeri maka diharuskan mempunyai SIM Internasional. Sama halnya seperti Mario Iroth ketika akan melakukan turing ke beberapa negara diluar negeri beliau juga harus mengantongi SIM tersebut.

Kita harus membuat SIM Internasional karena akan melewati batas negara dan mengunjungi negara lain agar bisa berkendara secara legal di luar negeri.

Baca juga Mario Iroth Berbagi Cerita Touring Keliling 40 Negara di Parjo 2019

Pada saat sesi berbagi cerita di PARJO 2019, Mario juga sedikit bercerita tentang SIM Internasional, banyak yang bertanya kepada saya bagaimana cara mengurus SIM Internasional ? apakah Mahal ?

Inilah tahapan yang harus dilakukan kalau mau membuat SIM Internasional berdasarkan informasi dari Mario Iroth (www.wheelstoryadv.com )

  • Persiapakan dokumen yang harus dibawa, diantaranya
    KTP (asli & fotokopi)
    Paspor (asli & fotokopi)
    SIM domestik Indonesia (asli & fotokopi, SIM harus masih berlaku)
    KITAP (asli & fotocopy, untuk WNA)
    Materai Rp6000,-
    Pas foto berwarna sebanyak 4 (empat) lembar. Latar foto biru, untuk menggunakan dasi dan untuk wanita menggunakan blazer.
  • lokasi untuk mengurus SIM Internasional adalah di Korlantas di Jl. MT Haryono (klik google map ini) https://goo.gl/maps/bot8jsdUaV3xzFuL6
  • Nanti di depan palang ada petugas yang berjaga dan nanya saja untuk lokasi gedung Sim Internasional, selebihnya akan di arahkan ke gedung pengurusan langsung.
  • Sesampainya didalam gedung di ruangan pertama langsung ambil nomor antrian , kemudian masuk ke dalam ruangan kedua untuk mengambil Form yang harus di isi.
  • Setelah itu nomor antrian akan di panggil, serahkan berkas berkas kemudian kembali duduk hingga di panggil lagi untuk mengambil SIM Internasional yang sudah selesai.
  • Perbedaan cara membuat SIM internasional 2019 di Indonesia dengan pembuatan SIM domestik adalah ketiadaan prosedur tes mengemudi untuk calon pemegang SIM internasional. Jadi, kalau kamu mau mengajukan permohonan SIM internasional, kamu hanya perlu menyiapkan berkas yang diperlukan dan membayar biaya administrasi saja.
  • Setelah prosedur tersebut selesai, petugas akan mengambil fotomu dan kamu akan diminta memberikan sidik jari. Kemudian, setelah menunggu beberapa menit, SIM internasionalmu sudah jadi dan siap untuk digunakan berkendara ke luar negeri.

Semua proses kalau berjalan lancar tidak akan lebih dari 30 menit sudah selesai!

SIM Internasional untuk kendaraan roda 2 atau 4 berlaku selama 3 tahun. Untuk Motor bila buat baru itu 250.000 dan bila ingin perpanjang bayar 225.000.

Sumber wheelstoryadv.com

Apakah kalian tertarik ingin turing keliling negara tetangga mengikuti jejak Mario Iroth ?

Terima kasih telah mampir dan semoga berguna, jika ingin mendapatkan notifikasi artikel baru, silahkan masukkan email kalian dibawah ini.

Email me : rudyasmandara@gmail.com
Instagram me : rudyasmandara
Twitter me : @rudyasmandara
Facebook : RodaRoda Automotive

Tinggalkan Balasan