Berikut Jenis Bahan Jaket Motor

rudyasmandara.com Jaket-Alam-Gear Berikut Jenis Bahan Jaket Motor

Ras – Sebagian besar jaket menggunakan bukaan dengan resleting atau kancing pada bagian depan yang terpasang dari leher hingga ujung bawahnya. Namun, ada beberapa jaket juga yang tidak ada bukaan pada bagian depannya.

Selain modelnya, jenis bahan kain yang dipakai untuk pembuatan jaket juga beraneka ragam. Mulai dari bahan jaket yang tipis dan tebal, ada juga yang anti air dan angin, hingga bahan jaket dari kulit alami.

rudyasmandara.com Toko-alam-gear Berikut Jenis Bahan Jaket Motor
Dokumen Toko Jaket A1am Gear Depok

Jenis Jenis Bahan Jaket

Ada banyak jenis jaket motor di pasaran, diantaranya adalah :

  • Jaket Bahan Kulit

Jaket ini bisa digunakan di berbagai macam kondisi. Digunakan untuk melindungi kulitmu dari sengatan matahari atau melindungimu dari angin di malam hari. Bahan ini termasuk paling banyak dicari dan digunakan karena materialnya sangat kuat, bisa melindungi dari panas, tidak menembus angin, serta bisa menyerap keringat dengan baik. Biasanya terbuat dari kulit domba, sapi atau kambing.

  • Jaket Bahan Parasut

Bahan parasut merupakan bahan yang sangat tipis dan cenderung kedap air atau angin sehingga cocok digunakan pada musim hujan. Selain itu, bahan parasut juga mudah perawatannya karena mudah dibersihkan dan sebaiknya tidak terlalu sering dicuci. Jika perawatannya tepat, jaket parasut akan tahan lama walau sering digunakan.

Sifat bahan parasut yang kedap air dan angin, maka tidak bisa menyerap keringat dan sangat tidak disarankan memakai jaket berbahan parasut saat cuaca panas.

Baca juga : Freestyle dan Umbrella Girls di IIMS 2019

  • Jaket Bahan Taslan

Bahan taslan merupakan bahan kain yang sangat populer untuk dijadikan jaket karena sifatnya anti air/waterproof (walau tidak semua jenis bahan taslan bersifat anti air). Sepintas bahan taslan mirip dengan bahan parasut, tapi jenis bahan taslan lebih tebal, lembut, ringan dan kuat dibanding bahan parasut.

Bahan taslan ideal untuk digunakan sebagai jaket motor, jaket varsity, rompi, parka atau jaket untuk keperluan outdoor lainnya. Jenis kain ini, selain anti air, bahan taslan juga tidak mudah ditembus angin

  • Jaket Bahan Sintetis

Jaket jenis ini memiliki kemiripan dengan jaket kulit. Akan tetapi harga jaket ini lebih murah dari jaket kulit asli karena bahannya terbuat dari perpaduan kulit dan bahan sintetis lainnya. Biasanya dilapisi polyester dan sangat riskan jika terkena sinar matahari. Tetapi jaket sintetis tidak bisa menyerap keringat sebaik jaket kult aslinya.

  • Jaket Bahan Denim

Jaket dengan bahan denim ini merupakan jaket yang paling pas digunakan di siang hari karena mampu menahan terik matahari sekaligus terasa dingin. Saat malampun dapat melindungi dari terpaan angin namun tidak sebaik jaket bahan kulit. Kalau hujan datang sebaiknya segera memakai jas hujan, karena jaket denim akan terasa berat ketika sudah terkena air.

rudyasmandara.com Toko-Jaket-alam-gear Berikut Jenis Bahan Jaket Motor
Dokumen Toko Jaket A1am Gear Depok
  • Jaket Bahan Fleece

Jenis bahan fleece umumnya terbuat dari campuran Cotton dan Wool. Bahan kain ini memiliki bulu halus, tekstur yang lembut, dan besifat menyerap air (Hidrofobik). Jika dipakai untuk membuat jaket, bahan fleece sangat baik dalam menahan panas tubuh sehunggai penggunanya akan merasa hangat.

Karena itulah, jaket yang memakai bahan fleece sebaiknya tidak dipakai saat cuaca panas terik, lebih cocok jika pada malam hari atau cuaca dingin.

  • Jaket Bahan Cordura

Awalnya cordura digunakan untuk bahan ransel, koper dan pakaian militer. Hal ini dikarenakan kekuatan bahan ini yang lebih besar dari kain biasa.

Kekuatan cordura lebih besar 10 kali lipat jika dibandingkan dengan katun biasa. Sementara itu kekuatan kain polyester biasa 3 tingkat lebih rendah dibandingkan cordura. Karena kekuatannya, cordura sangat tahan segala kondisi baik cuaca ekstrim, goresan, gesekan dan juga rembesan air.

Jaket bahan ini lebih cocok jika di gunakan pada saat perjalanan jauh atau turing.

Artikel terkait :

Mudah mudahan bermanfaat dan jika ingin mendapatkan notifikasi artikel baru, silahkan masukkan email kalian dibawah ini.

Email me : rudyasmandara@gmail.com
Instagram me : rudyasmandara
Twitter me : @rudyasmandara
Youtube : rudy asmandara

Tinggalkan Balasan