Kapan Sebaiknya Mengganti Roller CVT Motor Matic

Ras- Motor memang harus di periksa secara berkala agar kondisi motornya tetap prima dan nyaman digunakan, salah satu bagian yang harus diperiksa adalah bagian roller pada motor matic, apakah bentuknya sudah tidak bundar lagi , jika iya maka nada harus segera melakukan pergantian agar performance motornya tetap oke.

Fungsi roller pada motor matic

Fungsi Roller pada motor matic adalah untuk memberikan tekanan keluar pada variator hingga di mungkinkan varitor dapat membuka dan memberikan sebuah perubahaan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga motor dapat bergerak. Untuk kinerja variator sendiri ini sangat ditentukan oleh komponen yang disebut dengan roller, baik itu bentuk maupun bahan roller dan tentunya perhatikan juga berat dari roller tersebut, karena berat roller beragam.

Bentuk Roller yang baik haruslah berbentuk bundar atau bulat, untuk bentuk bundar dan sempurna tujuanya adalah untuk mempermudah penggerakan dari variator , bila bentuknya sudah tidak bundar maka anda harus menggantinya dengan yang baru.

 Bagian-V-Belt Kapan Sebaiknya Mengganti Roller CVT Motor Matic
Referensi pihak ketiga

Kapan Sebaiknya Mengganti Roller

Penggantian roller sebaiknya dilakukan bersamaan dengan penggantian V-Belt, agar kedua komponen ini bisa saling kerjasama dalam kondisi yang masih baru. Berdasarkan beberapa artikel yang saya baca disarankan agar mengikuti ketentuan pabrikan yaitu mengganti roller dan V-belt ketika kondisi jarak tempuh motor sudah mencapai 25 ribu Kilometer.

Baca juga : Tips Menghidupkan Kembali Motor Injeksi Setelah Kehabisan Bensin.

Kalau diasumsikan dalam sehari motor digunakan sekitar 30 kilometer untuk pulang pergi berangkat kerja, pemakaian efektif anggaplah 30 hari, artinya dalam sebulan sekitar 900 kilometer. Dalam setahun sudah mencapai 10.800 Km, setelah 2 tahun mencapai sekitar 21.600 Kilometer.

 V-Belt-Motor Kapan Sebaiknya Mengganti Roller CVT Motor Matic
Referensi pihak ketiga

Tetapi itu menurut hitung hitungan diatas kertas, sedangkan fakta dilapangan kadang kadang berbeda, karena tergantung cara pakai pengendara itu sendiri dan beban yang sering dibawa oleh motor. Ada baiknya periksa bagian CVT dan Roller ketika sudah mencapai 1 tahun, kalau bagian rollernya sudah peyang segeralah ganti, tergantung kondisinya apakah V-Belt nya mau ikutan diganti atau tidak, tetapi kalau kondisi rollernya masih bagus, dibersihkan saja sudah cukup.

Baca juga : Jangan Lupa Perhatikan Rantai dan Gear Motor Anda

Saran Penggantian

Menurut pendapat pribadi ketika motor sudah mencapai 1 tahun ada baiknya diganti bagian V-Belt dan Rollernya, berdasarkan pengalaman saya pada usia motor kurang lebih setahun, kondisi roller sudah aus dan perlu diganti. Untuk harganya kisaran 150.000 – 250.000 sudah dapat V-Belt dan Rollernya, coba aja cek di situs belanja online, sudah gampang kalau mau tau cari harganya. Banyak pilihan dari mulai spare part original sampai dengan after market, tinggal pilih sesuai dengan kebutuhannya.

 Roller-Vario-150 Kapan Sebaiknya Mengganti Roller CVT Motor Matic
Contoh Roller Motor Matic Honda

Investasi untuk motor pada bagian V-Belt dan Roller dengan harga tersebut diatas menurut saya masih worthed demi kelangsungan berkendara dengan motor yang nyaman digunakan, apalagi jika motor tersebut memang digunakan sehari hari untuk mencari rejeki.

 V-Belt-Honda-dan-Roller Kapan Sebaiknya Mengganti Roller CVT Motor Matic

Silahkan sharing pendapatnya dikolom komentar, mudah mudahan bermanfaat dan jika ingin mendapatkan notifikasi artikel baru, silahkan masukkan email kalian dibawah ini.

Email me : rudyasmandara@gmail.com
Instagram me : rudyasmandara
Twitter me : @rudyasmandara
Youtube : rudy asmandara

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan