Penyebab Stang Seher Rusak

Ras– Apakah kalian pernah mengalami mendengar mesin suaranya kasar atau bunyi suara klok klok klok dan bunyinya berasa pada saat Anda menarik gas baik pada posisi motor diam maupun saat jalan, maka ini bisa kemungkinan suara keausan pada stang seher atau pin piston. Kedua komponen ini biasanya kalau aus akan timbul suara seperti di atas. Kalau sudah ada tanda tanda seperti itu ada baiknya mencoba konsultasi pada bengkel langganan, apakah sudah harus segera dilakukan penggantian stang seher/connecting rod atau penggantian pada bagian part lainnya.

Stang seher atau bahasa kerennya connecting rod adalah komponen atau part yang berfungsi untuk menghubungkan piston dengan poros engkol (kruk as). Stang seher bekerja dengan gerakan naik turun yang diakibatkan karena dorongan dari piston dan diteruskan ke kruk as. Karena dorongan dari piston dengan tekanan yang berubah – ubah, maksudnya saat piston bergerak ke Titik Mati Atas (TMA) seher akan bekerja lebih berat mendapat tekanan dari piston. Sebaliknya saat piston bergerak ke Titik Mati Bawah (TMB), stang seher akan berkerja lebih ringan.

Baca juga : Mencoba Servis Motor Rasa Mesin Baru Di Planet Ban

Karena beban kerja stang seher sangat berat maka connecting rod atau stang seher perlu dibuat dengan bahan baja campuran yang berkualitas tinggi dan tak mudah bengkok atau terpelintir.

Connecting Rod

Hal Yang menyebabkan Stang Seher Oblak atau Rusak

Penggantian Oli Mesin

Oli mesin adalah hal yang sangat penting dan wajib diganti secara berkala agar performa mesin sepeda motor tetap dalam kondisi yang baik. Maka sangat diwajibkan untuk mengganti oli mesin secara teratur, kalau dipedoman buku pemilik motor biasanya tercantum apakah setiap 2.000 km atau 2 bulan (patokannya dari batasan tersebut mana yang tercapai terlebih dulu).

Kalau oli mesin tidak diperhatikan maka kemungkinan bagian lain akan cepat rusak dan merembet ke bagian stang seher.

Motor Keluar Asap Putih

Jika sepeda motor 4 tak yang knalpotnya sudah mengeluarkan asap putih dengan bau sangit, hal ini kemungkinan besar piston atau seher mengalami keausan / rusak atau berasal dari sil tutup klep yang mngelami kerusakan. Kalau sudah menemukan gejala tersebut jangan di cuekin, segera perbaiki Jika hal tersebut dibiarkan dalam waktu lama maka akan merembet ke stang seher.

Pernah Menerobos Banjir

Jangan nekat menerobos banjir yang ketinggiannya cukup ekstrem sampai menutup bagian mesin, bisa menyebabkan water hammer yaitu adanya air yang masuk ke ruang bakar sehingga kompresi udara dan api terganggu karena adanya air, yang mengakibatkan piston hancur dan setang seher bengkok.

Baca juga : Cara Membuka Baut Yang Patah di Dalam

Kalau mau menerobos banjir Sebaiknya jangan sekali – kali menurunkan kecepatan atau posisi grip gas karena hal ini akan memungkinkan terjadinya water hammer.

Usia Pakai Motor

Kalau motornya sudah berusia diatas 9 tahun, jarak tempuhnya sudah banyak, Nah ada baiknya bila konsultasikan ke bengkel langganan apakah sudah perlu waktunya ganti stang seher atau belum.

Pernah Modifikasi Mesin

Biasanya orang yang baru kenal dengan motor, ataupun penggila kecepatan tinggi ingin agar motornya lebih kencang dari standar pabrik dengan memodifikasinya. Kalau motor sudah dimodifikasi pada bagian mesin agar berhati hati karena kemungkinan tingkat keausan dan lebih cepat mengganti part mesinnya lebih cepat jika dibandingkan dengan motor standar pabrikan.

Email me : rudyasmandara@gmail.com
Instagram me : rudyasmandara
Twitter me : @rudyasmandara
Youtube : rudy asmandara

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan