Tips Menghidupkan Kembali Motor Injeksi Setelah Kehabisan Bensin.


Tips Menghidupkan Kembali Motor Injeksi Setelah Kehabisan Bensin.

RAS – Hal yang menjengkelkan adalah ketika sedang mengendarai sepeda motor dan tiba tiba motornya mogok. Bingung…Kesel…pokoknya campur aduk, jangan panik dahulu, beberapa cara dibawah ini mungkin bisa membantu motor injeksi pada pertolongan pertama sebelum ketemu bengkel.

 Foto-Motor-Mogok Tips Menghidupkan Kembali Motor Injeksi Setelah Kehabisan Bensin.
Referensi Pihak Ketiga

Hampir semua sepeda motor jaman now menggunakan Teknologi EFI (Electric Fuel Injection) adalah sebuah teknologi didalam mesin yang bertugas untuk menggantikan fungsi karburator namun telah terintegrasi secara elektronik.

 ECU-Motor-Beat-Pop Tips Menghidupkan Kembali Motor Injeksi Setelah Kehabisan Bensin.
Referensi Pihak Ketiga ( ECU )

Sedangkan pada motor konvensional, karburator berfungsi untuk menyuplai bahan bakar , bersama udara ke dalam mesin. Pada sistem EFI komponen karburator disederhanakan hanya menjadi katup gas tanpa pilot jet. Sementara bahan bakar langsung disuplai dari tanki melalui injector yang penyemprotanya diatur secara elektrik oleh ECU (Electronic Control Unit) atau di Motor Honda disebut ECM ( Electronic Control Module) Sehingga lebih efisien.

Artikel Terkait :

 ECU-Vario-125 Tips Menghidupkan Kembali Motor Injeksi Setelah Kehabisan Bensin.
Referensi Pihak Ketiga ( ECU )

Kelebihan motor injeksi

  • Lebih hemat dan lebih efisien, karena volume bahan bakar dapat dikalkulasi secara akurat oleh ECU, dan akan menghasilkan campuran yang selalu ideal.
  • Lebih ramah lingkungan, kenapa begitu ? karena memiliki campuran yang ideal pembakaran pun berlangsung lebih sempurna. Sehingga tidak menghasilkan gas beracun yang berlebih.
  • Tidak ada lagi sistem cok, karena sistem cok berguna ketika suhu intake masih dingin. Sehingga bensin yang diperlukan juga semakin banyak. Pada sistem EFI cok tidak lagi diperlukan karena sudah diatur oleh ECU.
  • Perawatan lebih sederhana, motor EFI tidak lagi memiliki pengaturan ISAS dan IMAS sehingga kita tidak perlu repot melakukan penyetelan untuk seting idle RPM.

Semakin tinggi suatu tekhnologi maka akan semakin kompleks permasalahan yang timbul apabila terjadi masalah pada tekhnologi tersebut.

Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab motor injeksi mogok adalah Kompresi mengalami kebocoran, masalah kelistrikan dan bahan bakar yang habis.

Meskipun terdapat indikator bahan bakar pada panel speedometer, tetapi terkadang lupa memperhatikannya kalau bensinnya ternyata sudah mau habis. Pada motor yang di lengkapi dengan Teknologi EFI menyertakan tekanan bahan bakar didalam sistem fuel line-nya. Sehingga ketika kehabisan bensin, terdapat udara yang masuk kedalam selang bensin. Hal ini menyebabkan motor akan sulit hidup ketika akan distarter, karena tekanan bahan bakar terganggu dengan adanya udara didalam sistem.

Kondisi ini cenderung tidak berbahaya, karena motor Efi telah dilengkapi sistem yang dapat membuang udara atau bleeding secara otomatis.

Untuk menghidupkan motor injeksi yang kehabisan bensin, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan

 ECU-Mega-Pro Tips Menghidupkan Kembali Motor Injeksi Setelah Kehabisan Bensin.
Referensi Pihak Ketiga (ECU)
  • Isi dahulu bensinnya ke dalam tangki motornya
  • Kemudian putar kunci kontak ke posisi ON, dan tahan sekitar 4 detik, dengarkan apakah ada suara denging “ ngiiiing “ pada system injeksi yang ada dibawah jok. Jika masih ada terdengar suara tersebut, berarti system injeksi tidak mengalami masalah.
  • kemudian putar kunci kontak kembali ke posisi OFF.
  • Lakukanlah cara ini tiga hingga lima kali.
  • Kemudian tarik gas secara penuh selama beberapa detik, kemudian lepas dan hidupkan motor dengan menggunakan kick stater dan kombinasi antara kick stater dan stater tangan secara bergantian.

Tujuannya adalah , pada saat kunci kontak berada pada posisi ON, fuel pump akan memompa bensin ke dalam saluran bensin. Jika kita lakukan hal ini berulang maka akan seperti proses bleeding. Sehingga udara didalam saluran bensin akan terkumpul pada ujung injektor.

Setelah itu, cobalah start mesin motor seperti biasa. (RAS)

Credit Foto : www.autoexpose.org, www.modifikasimotorz.com,

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ciri Ciri Fuel Pump Harus Segera di Ganti | rudyasmandara.com
  2. Kapan Sebaiknya Mengganti Roller CVT Motor Matic |

Tinggalkan Balasan