Saatnya Ganti Per Shock Depan kalau Motor Sudah Berasa Jedak Jeduk Pada Bagian Kemudi

WhatsApp Image 2019-03-11 at 10.16.17
WhatsApp Image 2019-03-11 at 10.16.17


RAS   Apakah kalian pernah merasakan kalau motor yang dikendarai semakin hari guncangan yang di rasakan pada bagian depan semakin tidak nyaman ? Handling pada jalan tidak rasa semakin tidak terkontrol dengan baik, dan ketika melewati polisi tidur tidak teredam dengan baik.  Itu adalah tanda tanda kemampuan shock breaker depan motor anda sudah mulai menurun.

Memang pada bagian shock depan kurang mendapat perhatian dengan baik, pada umumnya pengguna motor lebih cenderung memberikan pada performa mesin dan servis berkala mesin serta penggantian oli, ternyata shock depan juga perlu mendapat perhatian jika usia motor memang sudah cukup lama.

 WhatsApp-Image-2019-03-11-at-10.16.17 Saatnya Ganti Per Shock Depan kalau Motor Sudah Berasa Jedak Jeduk Pada Bagian Kemudi
Vario Techno 110
 WhatsApp-Image-2019-03-11-at-10.16.17-1 Saatnya Ganti Per Shock Depan kalau Motor Sudah Berasa Jedak Jeduk Pada Bagian Kemudi
Vario Techno 110

Kapan kita disarankan mengganti oli shock breaker depan ? biasanya sih kalau seal shock depan sudah mulai ada tanda tanda kebocoran, barulah kita aware dengan shock depan. Pada saat itulah moment yang tepat untuk mengganti bagian bagian shock depan dengan maksimal.

 Oli-Shock-Breaker Saatnya Ganti Per Shock Depan kalau Motor Sudah Berasa Jedak Jeduk Pada Bagian Kemudi

 Original-HGP Saatnya Ganti Per Shock Depan kalau Motor Sudah Berasa Jedak Jeduk Pada Bagian Kemudi

Peyebab Shock Depan Menjadi Keras dan Tidak Nyaman Lagi

          Oli Seal sudah mulai bocor, karena hal ini merusak as shock breaker dan  mengurangi takaran olinya, sehingga kerja shock breaker menjadi tidak stabil. Bila mulai melihat bagian shock basah karena oli yang keluar dari sela sela seal, maka disarankan agar segera menggantinya.

          Oli Shock Breaker sudah mulai kotor dan mengental, ini juga bisa menjadi kemungkinan shock menjadi tidak bekerja secara baik.

          Kerikil kerikil yang menempel pada as shock breaker juga berpotensi membuat lecet as shock breaker, disarankan agar segera membersihkan bagian ini apabila setelah berhujan hujanan dan motor menjadi dekil

          Terlalu banyak oli juga bisa mempengaruhi kekerasan shock, maka dari itu perhatikan takaran olinya ketika mengganti.

          As Shock Breaker bengkok, apabila hal ini terjadi maka mengakibatkan pergerakan shock menjadi terhambat dan menjadikan rebountnya menjadi tidak maksimal, kalau sudah bengkok wajib diganti karena pastinya akan merembet ke bagian bagian lain.

Hal terjadi pada motor RAS, ketika melewati polisi tidur bantingannya sudah tidak nyaman dan terasa ada jedak jeduk, ketika melewati jalan dengan ketinggian yang berbeda terasa oleng, ketika melewati jalan yang tidak rata, terasa sekali guncangannya membuat handling kemudi menjadi pegel….nahhh…inilah ketika hal ini terjadi pada kalian maka saatnya mengganti bagian bagian dari shock depan.

 Shock-Depan-Per Saatnya Ganti Per Shock Depan kalau Motor Sudah Berasa Jedak Jeduk Pada Bagian Kemudi

Untuk itu RAS menyiapkan Per Shock Breaker Depan Baru yang di tebus di Toko Astro Honda Genuine Part yang berada di kebon Jeruk, sedangkan untuk olinya beli di tempat bengkel langganan pemasangan shock nanti, karena oli shock breaker ini mudah didapatkan di bengkel bengkel. Untuk Seal Shocknya ternyata masih bagus, jadi tidak perlu diganti. Tetapi kalau memang ragu apakah bocor atau tidak sealnya, menurut RAS sih lebih baik diganti juga Sealnya dengan yang baru biar lebih maksimal.

Karena motornya Honda Vario 110 tahun 2010 karburator, maka yang di beli adalah untuk motor tersebut. Harga Per Shock Breaker Depan Honda Vario 110 dengan kode part 51401-KVB-901, di tebus dengan harga 18 ribu per pieces dan total  36 ribu, tidak mahal ternyata bagian ini.

Untuk pemasangannya menyerahkan ke bengkel yang enak diajak ngobrol dan kooperatif, jadi bisa sambil ngopi ngopi dan cerita cerita ngalor ngidul. Singkat cerita selesailah sudah penggantian komponen tersebut…….Dan setelah per shock depan di ganti dengan yang baru, ajibbbb….mengendarai Vario jadi lebih nyaman, gejala gejala yang dirasakan sebelumnya sudah tidak ada lagi. Jadi bagi kalian yang mulai mengalami gejala yang tidak nyaman dengan handling motornya dan hal hal telah disebutkan sebelumnya, maka saatnya perhatiin bagian shock breaker depan anda. Dan ini juga berlaku untuk semua type kendaraan motor yang lain, bukan hanya motor bebek matic saja, tetapi juga motor sport dari merk merk lainnya. Mudah mudahan bermanfaat (RAS).

1 Trackback / Pingback

  1. Milik Siapakah Empat Motor Custom Yang di Pajang Otobursa Tumplek Blek 2019 ? | rudyasmandara.com

Tinggalkan Balasan